Panen Raya Perdana Tanaman Porang Di Lahan Boss Cilik

  • Bagikan

Situbondo, pelopor.net – Acara panen raya perdana tanaman Porang dilahan petani Porang Junaidi yang akrab disapa Boss Cilik yang berada di Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situ bondo, Jawa Timur, Rabu (09/06/2021).

Dalam kegiatan ini dihadiri Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M., yang akrab disapa Bung Karna, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Drs. H. Hadi Wiyono, Boss Cilik, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Situbondo, Forkopimcam Jatibanteng dan Besuki, dan para tamu undangan dari anggota P3SI dan LMDH KTH seluruh Kabupaten Situbondo.

Dalam hal ini budidaya tanaman Porang juga terbilang mudah dan murah karena tidak memerlukan banyak perlakuan khusus, pohon Porang mudah tumbuh dalam berbagai kondisi tanah, bahkan dilahan yang kritis sekalipun.

Pohon Porang sangat bermanfaat sebagai bahan baku tepung, kosmetik, pengental, lem, penjernih air dan jelly, yang beberapa tahun ini kerap di Ekspor ke luar negeri seperti ke negara Jepang dan China. Dan harga Porang dipasaran Ekspor juga terus meningkat.

Kemudian panen raya perdana porang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Situbondo Bung Karna dan Boss Cilik, OPD Kabupaten Situbondo serta bersama para tamu undangan yang hadir.

Menurut Boss Cilik mengatakan “bahwa dia sudah memanen porang puluhan ton di lahan seluas 8 hektar bulan ini, yang mulai ditanam sejak bulan 10 (Oktober) pada waktu itu saya paling sedikit panen sekita 1 ton dalam 1 hektarnya,” ungkap Boss Cilik.

Selanjutnya Boss Cilik menambahkan “bahwa panen katak yang paling bagus itu selama 2 musim atau 2 tahun, sedang harga katak yang super sekarang perkilogram berkisar Rp. 160 ribu,” jelasnya.

“Dan hasil panen porang tersebut sudah ada yang membeli yakni PT. Asia Prima Konjac,” pungkas Boss Cilik. (Irwan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *