Panglima TNI Pimpin Upacara Gelar Pasukan Keamananan VVIP Siap Hadapi Presidensi G-20

Pelopor.Net - 8 November 2022 - 19:29 WIB
Panglima TNI Pimpin Upacara Gelar Pasukan Keamananan VVIP Siap Hadapi Presidensi G-20
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Bali – Pemeriksaan kesiapan prajurit TNI yang akan melaksanakan tugas pengamanan Kepala Negara dan Utusan pada kegiatan Presidensi G-20 tahun 2022 di Nusa Dua, Bali.

Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa bersama Kapolri memimpin upacara Penggelaran Pasukan Pengamanan VVIP di Niti Mandala, Renon, Kota Denpasar pada Senin, (7/11/2022).

Dihadapan ribuan peserta upacara Penggelaran Satuan Pengamanan VVIP, Panglima TNI menerangkan Satgas VVIP yang telah disiapkan tidak hanya untuk 20 Kepala Negara anggota G-20, tetapi juga 42 Kepala Negara lainnya yang diperkirakan akan hadir di Bali.

Dengan adanya kepercayaan dari negara negara G-20 kepada Indonesia sebagai tuan rumah, Panglima TNI mengajak agar semua komponen khususnya Satgas VVIP seluruhnya dapat mensukseskan kegiatan Presidensi yang sebentar lagi akan berlangsung di Nusa Dua, Bali dan menjamin keselamatan serta keamanan VVIP guna menjaga tegaknya kehormatan dan martabat bangsa indonesia.

Lebih lanjut Press Kit yang disampaikan Puspen TNI terkait pengamanan VVIP Presidensi G-20 bahwa upacara kesiapan ini mengerahkan sebanyak 3700 personel sebagai peserta upacara, diantaranya Satgas BAIS, Satgas Keamanan Regional, Satgas VVIP satuan Kopassus, Satgas Marinir, Satgas Udara, Satgas Bandara/Pelabuhan/instalasi, Satgas Medis, Satgas Komunikasi dan Elektronika.Satgas Humas, Satgas Evakuasi, Satgas VIP, dan 1 korps musik perusahaan.

Dalam pelaksanaan pengamanan kegiatan Presidensi G-20 yang dalam waktu dekat ini, TNI mengerahkan sebanyak 14.351 personel yang tergabung dalam Kogabpadpam VVIP, diantaranya dari Mabes TNI, Pengawal Presiden (Paspampres), Tentara Nasional indonesia (TNI-AD), Angkatan Laut (TNI-AL), dan Angkatan Udara (TNI-AU).

Untuk alutsista dan dimensi ketiga TNI juga dikerahkan dalam pengamanan, seperti pengerahan 12 KRI yang ditempatkan disekitar pulau Bali, pesawat tempur (Helikopter F-16, Sukhoi 27, Sukhoi 30 dan 13), dari TNI juga mengerahkan lapis baja kenderaan jenis Anoa Panser untuk memberikan rasa aman bagi delegasi dan Kepala Negara yang menghadiri KTT G-20 di Bali.

Selain dari pada itu, dari VVIP Security juga dikerahkan 252 unit kenderaan listrik berbasis baterai (KLBB), termasuk 42 unit mobil dari 210 sepeda motor sebanyak wujud komitmen indonesia terhadap perubahan iklim menuju energi berkelanjutan, mengelola transisi energi ke net zero emission yang menjadi target indonesia pada tahun 2060.

Hadir pada upacara tersebut diantara Menko Kemaritiman dan Investasi Republik indonesia, Pangdam IX/ Udayana, Kapolda Bali, Kasdam IX/ Udayana, Danrem 163/WSA, Kepala Basarnas dan Kepala BPBD Propinsi Bali serta sejumlah pejabat dan para undangan lainnya..

 

(Teuku imran/S)

 745 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X