Pastikan Pasien PMKS Dapatkan Layanan Kesehatan Gratis, Wabup Cek 2 RS

Pelopor.Net - 3 Maret 2022 - 12:03 WIB
Pastikan Pasien PMKS Dapatkan Layanan Kesehatan Gratis, Wabup Cek 2 RS
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – KAJEN – Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi, SH didampingi Kepala Dinas Kesehatan Setiawan Dwi Antoro, SKM, M.Kes mengecek 2 (dua) rumah sakit umum daerah (RSUD) di wilayahnya, yaitu RSUD Kajen dan RSUD Kesesi, Rabu (02/03/2022), untuk memastikan pasien dari kalangan masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau pasien miskin mendapatkan layanan kesehatan gratis di rumah sakit tersebut.

Layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin atau kurang mampu tersebut merupakan salah satu Program Kegiatan Prioritas Pemkab Pekalongan di Bidang Kesehatan dengan nama Kegiatan Pemberian Bantuan Biaya Pelayanan Kesehatan bagi Masyarakat yang Belum Mempunyai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam tinjauan tersebut, Wabup mendapati pelayanan di dua RSUD tersebut sangat baik dan pasien dan keluarganya menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan.

“Kami hadir untuk koordinasi berkaitan dengan Program Ibu Bupati terkait Kesehatan Gratis untuk Masyarakat Kabupaten Pekalongan. Kami tinjau langsung, untuk mengetahui apakah animo masyarakat tinggi terkait program tersebut dan bagaimana pelayanannya. Dari hampir semua ruangan yang kami kunjungi, pasien dan keluarganya mengaku mendapatkan pelayanan yang baik dan menyatakan puas,” tutur wabup.

Wabup mengatakan, dalam dua bulan terakhir, menurutnya, masyarakat sangat antusias dengan Program Kesehatan Gratis. “Program ini diminati masyarakat dan dibutuhkan masyarakat,” ujar wabup. Hal ini antara lain ditunjukkan dengan tingkat kunjungan pasien di rumah sakit di Kabupaten Pekalongan yang cukup tinggi setiap harinya menyusul Program Kesehatan Gratis bagi Masyarakat yang belum Memiliki JKN tersebut.

Disebutkan, kunjungan pasien di RSUD Kajen rata-rata 600 pasien per hari, di RSUD Kesesi 50-60 pasien per hari. “Kami menyadari RSUD Kesesi yang relatif baru, masih membutuhkan tenaga dokter, khususnya dokter Spesialis Anak dan dokter Spesialis Penyakit Dalam. Harapannnya, jika tahun depan terpenuhi, RSUD Kesesi dapat memberikan layanan kesehatan secara lebih optimal,” ujar Wabup.

Rencananya, dalam waktu dekat, Wabup juga akan mengunjungi RSUD milik Kabupaten Pekalongan lainnya, RSUD Kraton di Kota Pekalongan, untuk meninjau Layanan Kesehatan Gratis di rumah sakit tersebut.

Prokompim Kab. Pekalongan/Tim

 249 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X