Pelabuhan TPI Normal kembali, Produksi Lelang Ikan capai 33 ton

Pelopor.Net - 22 Maret 2022 - 15:21 WIB
Pelabuhan TPI Normal kembali, Produksi Lelang Ikan capai 33 ton
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Pekalongan – Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan kembali berjalan normal. Dimana, hasil produksi lelang Hari Senin (21/3) mampu mencapai 33.468 kilogram (kg) atau lebih dari 33 ton, yang didominasi oleh ikan cakalang dan ikan layang. Untuk kapal yang berlabuh membawa ikan yakni 1 buah kapal purse seine penampung, dan 2 kapal purse seine kecil.

“Dari jumlah tersebut total transaksi lelang mencapai Rp480.475.000. Sedangkan, dari jumlah hasil produksi itu memang terbilang sedikit mengalami penurunan, karena di Bulan Maret ini banyak yang kosong. Tetapi untuk total produksi lelang dari awal tahun 2022 sampai Senin kemarin sebanyak 1.821.822 kilogram,” tutur Kepala TPI Kota Pekalongan, Mochtar Sanusi melalui Kasubag TU TPI Kota Pekalongan, Mansur Kasubag saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (22/3/2022).

Menurutnya, penurunan hasil produksi itu terjadi disebabkan selain karena angin besar, juga disebabkan adanya arus air bawah yang deras serta pendangkalan muara masih terjadi sehingga menyulitkan para nelayan untuk mencari ikan. Sementara itu, pihaknya menyebutkan, untuk harga rata-rata mengalami kenaikan.

Dimana, harga per Hari Senin (21/3), harga ikan tongkol Rp22 ribu/kg dari harga normal sebelumnya Rp15-22 ribu/kg, ikan layang seharga Rp17 ribu/kg dari harga biasanya Rp15 ribu/kg, harga ikan kacangan Rp14 ribu/kg, cumi-cumi dari harga normal sebelumnya sekitar Rp55 ribu/kg menjadi RP78 ribu/kg. Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan, bahwa harga tersebut diperkirakan akan masih mahal hingga menjelang Ramadhan, mengingat permintaan masyarakat semakin banyak.

“Lelang biasanya ramai sekitar Bulan September-Oktober. Untuk harga menjelang Ramadhan diperkirakan masih mahal, karena produksi kecil, tetapi permintaannya semakin banyak. Hanya biasanya di pertengahan Ramadhan atau menjelang Lebaran, karena kapal-kapal yang berlayarnya sampai Papua pada pulang membawa ikan, sehingga produksi ikan biasanya banyak,” pungkasnya.

Kominfo/ Tim

 387 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X