Pemkab Harapkan Dukungan Kejaksaan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Pelopor.Net - 1 April 2022 - 14:41 WIB
Pemkab Harapkan Dukungan Kejaksaan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Pekalongan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan mengharapkan dukungan kepada pihak kejaksaan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Harapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Pekalongan, H. Riswadi, SH dalam sambutannya mewakili Bupati Pekalongan saat menerima Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Jawa Tengah beserta rombongan di Pendopo Bupati, Kamis (31/3) sore.

“Kajen sebagai Ibu Kota Kabupaten Pekalongan baru berumur 21 tahun. Masih banyak kekurangan baik dari segi infrastruktur maupun gedungnya,” tutur wabup.

Lebih lanjut wabup menjelaskan, pendapatan per kapita penduduk Kabupaten Pekalongan sekitar Rp 23 juta per tahun dan tingkat pengangguran terbuka sekitar 4,7 persen. Sementara, angka kemiskinan juga masih cukup tinggi, yaitu sekitar 11 persen. Oleh karena itu, pemkab, kata wabup, memerlukan bimbingan, dukungan dan kerja sama dengan instansi-instansi vertikal dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Kami bersama pemerintah yang ada Insya Allah akan bekerja sesuai apa yang menjadi visi dan misi Pemerintah Pusat yang harus sinergi dengan Pemerintah kabupaten. Kami akan berusaha keras.” ucap Riswadi.

Kajati Jateng, Andi Herman, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran kejaksaan sebagai lembaga pemerintahan yaitu untuk mendukung segala kebijakan pemerintah dalam rangka pembangunan baik di pusat maupun di daerah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, orientasi penegakan hukum yang nanti akan dikedepankan adalah bagaimana penegakan hukum bermanfaat untuk masyarakat.

Diantaranya yaitu dukungan kejaksaan terkait pertumbuhan ekonomi melalui beberapa layanan jasa hukum yang ada di kejaksaan khususnya yg dilakukan oleh jaksa pengacara negara. Selain itu, juga, bersama dengan Kepolisian melakukan penegakan hukum pidana, juga dukungan terkait penyelenggaraan pemerintahan, khususnya di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

“Semoga dapat disinergikan antara Kejari dengan teman-teman di kejaksaan tinggi juga bisa dikomunikasikan agar fungsi jaksa dapat mendukung kebijakan pemerintah yang ada di kabupaten pekalongan.” kata Andi Herman menyampaikan harapannya.

Sebelum tiba di Kabupaten Pekalongan, Rombongan Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah telah melaksanakan kegiatan kunjungan kerja selama 2 hari yaitu mulai tanggal 30-31 Maret 2022 ke sejumlah Kejaksanaan Negeri dan Pemkab, diantaranya Kendal, Batang, Brebes, Tegal, dan Pemalang.
Tujuan dari kunjungan kerja ke Kabupaten Pekalongan dan daerah-daerah lainnya yaitu untuk menjalin silaturahmi dengan Kejaksaan Negeri dan Pemerintah Daerah. Kejati Jateng baru ditugaskan selama kurang lebih 4 minggu. Selain itu juga untuk konsolidasi dan menyampaikan beberapa perkembangan terkait kebijakan Pimpinan Kejaksaan.

Prokompim Kab. Pekalongan/Tim

 285 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X