Pemkab Lamongan Salurkan BLT-DBHCHT Petani Tembakau di Modo

Pelopor.Net - 19 Desember 2022 - 23:22 WIB
Pemkab Lamongan Salurkan BLT-DBHCHT Petani Tembakau di Modo
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Lamongan, Petani tembakau di Kabupaten Lamongan, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

BLT itu dikucurkan oleh Pemerintah untuk daerah penghasil tembakau. Di Kabupaten Lamongan penyaluran perdana BLT untuk petani dan buruh pabrik tembakau. Hari ini di wilayah Kecamatan Modo, para petani yang mendapatkan 504 penerima, disalurkan melalui Bank Jatim di Pendopo Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, berjalan lancar, Senin (19/12/2022)

Bahwa, bantuan BLT-DBHCHT ini disalurkan khusus untuk para petani tembakau dan para buruh pabrik rokok yang ada di Kabupaten Lamongan.

Sementara, jumlah keseluruhan untuk petani dan buruh pabrik tembakau di kabupaten Lamongan sebanyak 6.973 penerima, terdiri dari petani tembakau tersebar ada delapan Kecamatan, meliputi yakni Modo, Bluluk, Sukorame, Ngimbang, Sambeng, Mantup, Kedungpring dan Sugio, dan buruh pabrik rokok ada tiga Kecamatan yakni, Turi, Brondong dan Dradah MPS Sampoerna Gudang Garam,” kata Mudi Ketua Asosiasi Petani Tembakau lndonesia (APTI) ikut memantau saat pencairan BLT tersebut, kepada awak media

Untuk petani tembakau di wilayah Modo yang mendapatkan Bantuan BLT-DBHCHT mereka masing-masing sebesar Rp 900 ribu per keluarga, penyaluran melalui Bank Jatim,” sambungnya.

Sementara itu, kodir salah seorang petani tembakau mengungkapkan perasaan senang, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

“Senang pak, senang. Karena kita ini buruh tani tembakau, yang nantinya untuk beli beras. Maturnuwun Pak Bupati disalurkan bantuan BLT ini sangat bermanfaat untuk kami,”ungkapnya.

Kodir berharap, bantuan-bantuan semacam itu kalau bisa rutin diberikan setiap tahunnya. Tidak saja alat atau sarana dan prasarana. Melainkan uang tunai seperti program BLT DBHCHT. Mengingat salah satu sumber pajak terbesar di Indonesia dan daerah, yakni dari tembakau. (rid)

 777 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X