Pemkab Salurkan Bantuan Hibah Sarpras Kelautan dan Perikanan

Pelopor.Net - 10 Maret 2022 - 16:22 WIB
Pemkab Salurkan Bantuan Hibah Sarpras Kelautan dan Perikanan
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – KAJEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menyalurkan bantuan hibah sarana dan prasarana (sarpras) kepada pembudidaya ikan dan nelayan di wilayah Kecamatan Siwalan dan Wonokerto. Penyerahan bantuan hibah dilakukan pada Kamis (10/03/2022).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan, Drs. Sirhan dalam laporannya pada kegiatan tersebut, menyampaikan, bantuan hibah yang diserahkan, untuk pembudidaya ikan, yaitu berupa Jalan Produksi Tambak Depok III yang berupa jalan beton sepanjang 211 meter untuk Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Depok Vaname Mas, Desa Depok Kecamatan Siwalan.

“Bantuan lainnya yaitu berupa waring dan bambu sebagai penahan tanggul tambak untuk 3 pokdakan, masing-masing sebanyak 95 roll waring dan 393 batang bambu. Tiga pokdakan tersebut yaitu, Pokdakan Mina Setia Budi, Desa Api-api Kecamatan Wonokerto, Pokdakan Suter Mas Tiga, Desa Depok Kecamatan Siwalan, dan Pokdakan Suter Talang Mas, Desa Depok Kecamatan Siwalan,” jelas Sirhan.

Bantuan juga diberikan untuk nelayan, berupa bantuan sarana penangkapan ikan ramah lingkungan berupa bubu sebanyak 120 unit untuk 2 Kelompok Usaha Bersama (KUB), yaitu KUB Sopek Bondo Kali Desa Wonokerto Kulon Kecamatan Wonokerto dan KUB Sunan Kali Jogo Desa Wonokerto Kulon Kecamatan Wonokerto

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, SE, MM dalam sambutannya berharap bantuan hibah yang diserahkan bermanfaat untuk menambah modal dan meningkatkan usaha pembudidaya ikan dan nelayan.

“Saya sarankan supaya nelayan dan pembudidaya ikan membentuk koperasi, agar penyaluran bantuan, modal atau pun pinjaman bisa lebih mudah,” tutur bupati. Bupati mengaku sudah meminta kepada pihak bank agar bisa membantu permodalan dan meningkatkan usaha pembudidaya ikan dan nelayan.

Kegiatan Hadir dalam kegiatan tersebut, para Kepala OPD terkait, Ketua Dekranaska Kabupaten Pekalongan, Ashraf Abu, Camat Siwalan dan Camat Wonokerto, Kepala Desa Depok Kecamatan Siwalan, Kepala Desa Api-api dan Kepala Desa Tratebang, Kecamatan Wonokerto, pembudidaya ikan, nelayan dan tokoh masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, juga digelar dialog interaktif antara Bupati Pekalongan dengan pembudidaya ikan dan nelayan.

Prokompim Kab. Pekalongan/Tim

 369 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X