Pemkot Upayakan Perbaiki Akses Jalan Menuju Wisata Air

Pelopor.Net - 7 Maret 2022 - 09:59 WIB
Pemkot Upayakan Perbaiki Akses Jalan Menuju Wisata Air
 (Pelopor.Net)
|
Editor

Pekalongan – Sebagai salah satu akses jalan menuju Obyek Wisata Air Pantai Pasir Kencana, Jalan WR Supratman, Kelurahan Panjang Wetan akan diperbaiki. Hal ini dilakukan untuk memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan berkunjung ke obyek wisata yang mulai dibuka untuk umum pada Jumat siang, 4 Maret 2022 lalu.

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih mengungkapkan bahwa, Jalan WR Supratman sebagai salah satu akses menuju Wisata Air Kota Pekalongan ini akan dilakukan rekonstruksi jalan sepanjang 617 meter dengan menggunakan alokasi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp4,495 Milyar pada tahun 2022 ini.

“Pembukaan pertama Wisata Air ini berjalan dengan aman, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena memang semua harus ada dari sisi obyek dan penjelasan-penjelasannya. Kalau dari akses jalan menuju wisata ini, kita mendapatkan anggaran DAK sekitar Rp4,4 Miliaran untuk merekonstruksi Jalan WR Supratman pada tahun ini,” tutur Sekda Ning, belum lama ini.

Kendati demikian, Sekda menyebutkan, bahwa pelaksanaan rekonstruksi jalan tersebut terlebih dahulu akan dilakukan proses lelang dengan jangka waktu sekitar 6 bulan untuk kemudian bisa mulai dikerjakan secara bertahap. Sehingga, jika nantinya rekonstruksi jalan ini sudah dilakukan diharapkan pengunjung terutama yang menggunakan sepeda motor yang akan berkunjung ke Wisata Air bisa dengan mudah dan tidak kesulitan lagi untuk lewat karena akses jalan yang sudah diperbaiki, disamping mereka bisa melalui Jalan Kusuma Bangsa.

“Dari DPUPR memang tidak serta merta bisa langsung dilakukan, namun memang akan segera dilelangkan dulu mudah-mudahan dalam waktu dekat, khusus Jalan WR Supratman mungkin paling tidak sekitar 6 bulan sudah mulai dikerjakan, semoga bisa lebih cepat. Perencanaannya sudah di review,” tegasnya.

Sebelumnya, Plt DPUPR Kota Pekalongan melalui Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Pekalongan, Andry Martha, ST, MSi mengungkapkan bahwa, rekonstruksi jalan berupa peninggian jalan WR Supratman ini akan dilakukan dari titik existing sebelumnya dengan ketinggian 40 sentimeter sepanjang 617 meter dan lebar 11 meter menggunakan teknis cor beton. Lebih lanjut, di tahun 2021 lalu, di ruas Jalan Wr Supratman itu sudah dilakukan pemeliharaan jalan berupa pengaspalan. Namun, karena debit air akibat musim penghujan yang tinggi dan limpasan air sungai loji, ditambah beban muatan dari kendaraan berat seperti truk sehingga tergenang kembali dan mengalami kerusakan cukup berat.

“Panjang 617 meter itu dari titik TK Kutilang 02 hingga pertigaan Jetayu Residence dengan peninggian 40 cm dan lebar 11 meter meneruskan pengecoran sebelumnya yang sudah dilakukan,” paparnya.

Kominfo/ Tim

 261 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X