Pencuri Gulungan Kabel Tembaga di Bengkel Las Ditangkap Sat Reskrim Macan Linggau

Pelopor.Net - 1 Januari 2023 - 21:23 WIB
Pencuri Gulungan Kabel Tembaga di Bengkel Las Ditangkap Sat Reskrim Macan Linggau
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Lubuklinggau – Indra Irawan alias Ir, 35 tahun, buruh, warga Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pasar Satelit, Kecanatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan pelaku pencuri kembali ditangkap Polisi.

Residivis yang sudah dua kali keluar masuk penjara dalam kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) dan penganiayaan ini kembali melakukan tindak pencurian.

Kali ini melakukan pencurian peralatan bengkel berupa 1 gulungan kabel tembaga di bengkel las milik Bambang Apriyanto, 40 tahun di Jalan Lintas Kenanga I, daerah Megang, Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi melalui Kasat Reskrim, AKP Robi Sugara didampingi Kanit Pidum, Ipda Jemmy Amin Gumayel mengungkapkan, tersangka dibekuk setelah aksi pencuriannya itu di bengkel terekam kamera CCTV. Sehingga anggota yang melakukan penyelidikan mengetahui identias dan keberadaan pelaku.

Pelaku ditangkap Tim Macan Linggau Satreskrim Polres Lubuklinggau ditempat persembunyiannya di daerah Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara pada Jumat (30/12/2022) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Tersangka ditangkap tanpa melakukan perlawanan,” kata Kasat Reskrim.

Tindak pencurian gulungan kabel di bengkel tersebut baru diketahui oleh korban pada Rabu, 7 Desember 2022. Dan adanya pencurian itu, korban mengecek hasil rekaman CCTV yang terdapay dibengkel miliknya. Dan kejadian terlihat dalam layar rekaman CCTV sekitar pukul 02.00 WIB.

“Pada kamera CCTV nomor 1 ada orang yang tidak dikenal masuk ke dalam perkarangan bengkel korban dengan cara melewati pagar pembatas,” ungkapnya.

Kemudian orang tidak dikenal tersebut mencuri 1 gulungan kabel tembaga yang berada di bengkeli milik korban. Akibat kejadian pencurian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp7 juta. Lalu melaporkannya ke Polres Lubuklinggau untuk ditindak lanjuti.

Setelah adanya laporan pencurian tersebut, Tim Macan Linggau menindak lanjutinya. Dan langsung melakukan cek tempat kejadian perkara (TKP), melakukan pengambilan keterangan dari para saksi-Saksi serta penyelidikan.

Berdasarkan hasil analisis rekaman kamera CCTV dan hasil penyelidikan, diketahui jika pelaku pencurian kabel tembaga yang terekam kamera CCTV iedntik dengan Indra Irawan alias Ir. Dan didapat informasi dilapangan tentang keberadaan tersangja Inda sedang berada di daerah Rupit, Kabupaten Muratara.

Tim Macan Linggau kemudian bergerak melakukan penangkapan terhadap tersangka. Dan saat ditangkap tersangka tanpa melakukan perlawanan. Tersangka juga mengakui telah melakukan pencurian kabel tembaga.

Barang bukti (BB) yang diamankan 1 unit dekoder CCTV yang berisi rekaman peristiwa pencurian. Sedangkan untuk barang bukti berupa gulungan kabel, masih dalam pencarian.

“Menurut tersangka, barang hasil curian berupa kabel tembaga dibawa ke tepi sungai Kelingi, lalu dibakar untuk menghilangkan karet penutup pelindung pada kabel setelah terbakar menjadi gumpalan besi tembaga,” jelas Kasat Reskrim.

Selanjutnya Kasat Reskrim menambahkan, gumpalan besi tembaga dibawa dan dimasukkan ke dalam karung. Lalu dijual kepada Yanto di sebuah tempat pengepul barang bekas yang berada di Jalan Kenanga I Lama.

“Tersangka mendapat uang hasil penjualan sebesar Rp1.400.000. Tersangka merupakan residivis, tercatat telah 2 kali terlibat dalam kasus penganiayaan dan curat di Lubuklinggau,” timpalnya.

Sementara itu berdasarkan keterangan saksi M Fauzan alias Yanto, dirinya tidak mengakui telah membeli barang berupa besi tembaga gulungan kabel dari tersangka Indra Irawan alias Ir.

Saksi Yanto mengatakan,  memang ada dan pernah bertemu dengan Indra Irawan alias Ir sekira pada 23 Desember 2022 pukul 06.00 WIB. Saat itu tersangka membawa karung yang isinya besi dan tembaga dengan maksud akan menjual barang berupa besi tembaga dan besi kepadanya.

“Saat itu saksi Yanto menolak membelinya dan kemudian saksi Yanto menyuruh pergi atau mengusir Indra Irawan yang saat itu diketahui oleh anak saksi Yanto dan temannya,” timpal Kasat Reskrim.

Sedangkan berdasarkan pengakuan korban, di bengkel miliknya tersebut sudah tiga kali terjadi pencurian yang diduga dilakukan oleh tersangka Indra Irawan atau pelaku yang sama. “Pada aksi pencurian yang ketiga kalinya pada tanggal 21 Desember 2022, pelaku mencoba melakukan pencurian besi pipa tetapi tidak berhasil, karena diketahui oleh saksi Aan dan saksi Deken,” pungkasnya. (af)

 462 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X