Personel Ditpolairud Polda Kalteng Datangi TKP dan Bantu Evakuasi Barang Angkutan KM Satya Kencana III

Pelopor.Net - 19 Oktober 2022 - 17:25 WIB
Personel Ditpolairud Polda Kalteng Datangi TKP dan Bantu Evakuasi Barang Angkutan KM Satya Kencana III
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Kalteng – Ditpolairud Polda Kalteng melalui Markas Unit Kumai dan KP XVIII-2004 Kapal penumpang KM Satya Kencana III tenggelam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Prop. Kalteng, Rabu dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Rabu (19/10/22)

Bripka Tandri Sekman selaku Kepala Markas Unit Kumai dan Komandan Kapal XVIII-2004 Bripka M.M. Siregar mendatangi TKP untuk mendapatkan informasi dan membantu evakuasi barang.

Tandri menerangkan “Saat KM Satya Kencana III tiba di Pelabuhan Panglima Utar Kumai pada pukul 00.00 WIB. Saat itu, para penumpang turun dari kapal diikuti sejumlah kendaraan bermuatan.
Awalnya, sebanyak 3 truk fuso berhasil mendarat di pelabuhan. Namun ketika berupaya mengeluarkan truk ke-4, tiba-tiba badan truk sangkut di pintu keluar yang mengakibatkan kapal miring dan membuat air masuk ke dalam kapal.”

Infromasi yang kami dapatkan saat kami temui Kepala KSOP Kelas IV Kumai Hary Suryanto mengatakan “Petugas pelabuhan sudah berupaya menarik KM Satya Kencana III dengan cara menarik menggunakan kapal tugboat dengan harapan kapal bisa kembali ke posisi semula, tetapi hasilnya nihil.”
“Upaya pertama yang dilakukan menarik kapal dengan 2 (kapal) tugboat dengan harapan kapal bisa kembali ke stabilitas, tapi air begitu derasnya masuk ke kapal sehingga tidak terkejar, akhirnya kapal karam.”

“Allhamdullilah Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sebanyak 11 kendaraan ikut tenggelam bersama kapal penyeberangan antar pulau milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) tersebut.” ujar

Dirpolairud Polairud Polda Kalteng Kombes. Pol. Boby Pa’ludin Tambunan, S.I.K., M.H., melalui Ka Marnit Kumai Bripka Tandri.

Kami juga sudah melakukan penyisiran sekitar TKP untuk mencari barang angkutan yang dibawa KM Satya Kencana III, dan telah membentuk Tim untuk membantu Evakuasi, tandasnya. (Fabianus)

 375 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X