Pertahankan Tradisi TNI AL Lewat Upacara Hasta Pora Prajurit Goura Victoria Menbanpur 3 Marinir

Pelopor.Net - 16 Februari 2022 - 15:41 WIB
Pertahankan Tradisi TNI AL Lewat Upacara Hasta Pora Prajurit Goura Victoria Menbanpur 3 Marinir
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Sorong – Sebagai bentuk penghormatan kepada prajurit yang baru membentuk kehidupan berumah tangga dan sekaligus menjaga tradisi TNI AL, Prajurit “Goura Victoria’ Resimen Bantuan Tempur 3 Marinir “Menbanpur 3 Mar” Pasmar 3 melaksanakan upacara tradisi Hasta Pora yang dilaksanakan di Klamalu, Distrik Mariat, Kab Sorong, Papua Barat. Senin (14/02/2022).

Hasta Pora adalah salah satu upacara tradisi pernikahan bagi Bintara maupun tamtama TNI AL yang akan memasuki jenjang kehidupan berumah tangga sebagai wujud penghormatan dari sesama Bintara atau Tamtama. Tradisi ini dimana kedua mempelai akan melewati gapura kehormatan yaitu gapura hasta dilakukan oleh rekan rekannya yang masih lajang dengan formasi bersaf saling berhadapan berbentuk lorong dengan melakukan penghormatan militer yang merupakan lambang kehormatan bagi kedua mempelai yang memasuki geebang kehidupan berumah tangga oleh secara simbolik melambangkan bahwa kedua mempelai siap menjalani gerbang hidup bersama.

Upacara tradisi Hasta Pora pada acara resepsi pernikahan Pratu Mar Fajar Rohman dengan Saudari Suci Shintya Putri, S.Kom tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Letda Mar Wissiono Lohandoko didampingi oleh Ny. Dinik Firahayu Wissiono.

Ditempat yang sama, Perwira Staf Operasi (Pasops) Menbanpur 3 Marinir Letkol Mar Anang Agus Wahyudi, S.H. M.Tr.Opsla yang turut hadir dalam resepsi pernikahan menyampaikan, kepada kedua mempelai harapan saya kalian berdua harus betul-betul menyadari status, peran serta kewajiban masing-masing, saling menghormati, saling menasehati, demi terciptanya menuju keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah.

(Eko)

 363 Pembaca,  9 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X