Polsek Jambangan Berhasil Meringkus Pencuri Burung Murai

Pelopor.Net - 12 Maret 2022 - 15:51 WIB
Polsek Jambangan Berhasil Meringkus Pencuri Burung Murai
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Surabaya – Kucica Hutan juga dikenal sebagai Murai Batu termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Beberapa pakar menganggap ras dari Kalimantan Utara Murai alis putih sebagai spesies tersendiri.

Murai adalah salah satu hewan peliharaan masyarakat menengah ke atas karena harga nya yang cukup tinggi, sampai saat ini murai menjadi incaran para pecinta Burung.

Seorang pria di Surabaya digiring ke jeruji besi Polsek Jambangan Surabaya hanya Karena seekor burung murai. Namun burung murai batu tersebut menghantarkan nya ke dalam jeruji besi,dia mencuri burung murai orng lain.

Pelaku ini mengambil murai batu di salah satu Perumahan yang ada di Jalan Pagesangan Indah Utara Jaya Surabaya.

Tersangka tersebut bernama , Moch Rofian (22) warga Jalan Pagesangan II, Surabaya. Dia menyikat murai batu milik Wahyu pada, Rabu, 02 Maret 2022 pukul 18.30 WIB.

“Burung digantung diatas teras rumah korban. Pelaku mengambil sangkar burungnya diletakkan bawah, kemudian burung tersebut dimasukkan didalam sarung palaku lalu dibawa kabur,” jelas Iptu Hadi Ismanto, Kanit Reskrim Polsek Jambangan, Jumat (11/3/2022).

Lanjut Kanit, tersangka Moch Rofian melakukan tindakan pidana pencurian seekor burung murai batu warna hitam putih yang ditaruh oleh korban didepan rumahnya digantung diatas teras rumahnya .

Sadar burungnya raib, korban lalu laporan Polisi dan anggota Opsnal melakukan penyelidikan dan mengidentifikasikan pelaku sesuai data yang diterima oleh Polsek Jambangan dan dengan sigap mennggapi laporan dari korban.

“Keberadaannya diketahui didaerah Sepanjang Tani, dia tinggal di daerah yang bisa dibilang jauh dari TKP pelaku mengambil burung murai tersebut, dia di ciduk di dalam kostnya,” tambah Iptu Hadi.

Anggota kemudian dengan sigap berhasil menangkap pelaku pada, Selasa 08 Maret 2022 pukul 05.30 WIB beserta burungnya didaerah Sepanjang Tani Taman Sidoarjo.

Selanjutnya pelaku dibawa ke Polsek Jambangan guna proses hukum lebih lanjut. Diketahui juga jika pelaku merupakan seorang residivis pencurian burung.

Bukan hanya satu tetapi sudah beberapa kali kedapatan mencuri burung, bisa dibilang pelaku tersebut spesialis pencuri burung.

“Pelaku ini sudah lima kali ini diproses hukum dalam perkara pencurian burung,” pungkas Kanit.

Barang bukti yang berhasil diamankan adalah sangkar burung warna merah hitam, Sarung warna hitam, 1 ekor burung murai batu warna hitam putih

Atas perbuatannya pelaku di jerat pasal 363 Dengan hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun, tentang pencurian hewan (K.U.H.P. 101).

(jack/tim)

 528 Pembaca,  6 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X