Sambut Hari Santri, Bupati Fadia Arafiq Silaturahmi Ke Ponpes Al Falah Ploso Kediri

Pelopor.Net - 20 Oktober 2022 - 18:39 WIB
Sambut Hari Santri, Bupati Fadia Arafiq Silaturahmi Ke Ponpes Al Falah Ploso Kediri
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq berkunjung sekaligus bersilaturahmi dengan Masyayikh dan sesepuh serta pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Rabu (19/10). Kunjungan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022.

Bupati dalam kesempatan tersebut hadir didampingi sang suami Muhtarudin Ashraff Abu, serta sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Pekalongan seperti Kepala Kesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho, Kepala BPKD Kabupaten Pekalongan Casmidi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo, Kepala Dindikbud Kabupaten Pekalongan Kholid, Kabbag Prokompim Setda Kabupaten Pekalongan R. Handy Artawan, Kabbag Perekonomian Setda Kabupaten Pekalongan Toharno, Kabbag Kesra Setda Kabupaten Pekalongan Subagyo, dan Kabbag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Pekalongan Heri Pancasilardi.

Selain itu, kegiatan juga diikuti oleh Ketua Baznas Kabupaten Pekalongan KH. Muhtarom, sejumlah perwakilan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pekalongan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pekalongan, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Pekalongan, Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kabupaten Pekalongan, Pimpinan Daerah (PD) Rifaiyah Kabupaten Pekalongan, Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Pekalongan, serta Pengasuh Ponpes Se-Kabupaten Pekalongan.

Diketahui, sebelum ke Ponpes Al Falah Ploso, Bupati didampingi suami beserta rombongan dari Kabupaten Pekalongan yang jumlahnya mencapai 300 orang dan menggunakan 6 armada bus tersebut telah melakukan perjalanan berziarah ke makam KH Hasyim Asy’ari di Jombang.

Dalam sambutannya di Ponpes Al Falah, Bupati Fadia menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh jajaran Masyayikh dan sesepuh Ponpes Al Falah Ploso, “Saya dan rombongan Kabupaten Pekalongan merasa senang dan bahagia karena kita bisa berkumpul bersama. Terima Kasih Pak Kyai dan Bu Nyai atas sambutannya kami merasa sangat dihargai,” ujarnya.

Lebih lanjut, bupati juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Ponpes Al Falah Ploso Kediri karena telah melahirkan banyak ulama-ulama hebat di Kabupaten Pekalongan, “Kepada Ponpes Al Falah ini saya salut. Saya memang ingin datang, ingin tahu, ingin silaturahmi karena banyak sekali tokoh Kabupaten Pekalongan, para Kyai Pekalongan lulusan dari pesantren ini,” tuturnya.

Bupati Fadia berharap kegiatan tersebut dapat memberi barokah untuk semuanya, menjadi media silaturahmi antar sesama serta bermanfaat bagi para pengasuh ponpes di Kabupaten Pekalongan agar dapat mencontoh hal-hal baik dari Ponpes Al Falah untuk diterapkan di Ponpesnya masing-masing,

“Mudah-mudahan melalui acara hari ini kita lebih mengenal satu sama lainnya, yang tadinya tidak kenal menjadi kenal, satu rombongan menjadi kenal. Insya Allah menambah tali silaturahmi kita dan juga persaudaraan kita tambah ketat, rasa persaudaraan kita akan membuat kita nanti tambah mencintai Kabupaten Pekalongan,” kata bupati

“Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk para pemilik pesantren dari Kabupaten Pekalongan agar bisa melihat yang baik-baiknya dari pesantren Al Falah ini untuk diterapkan di Kabupaten Pekalongan. Sehingga Kabupaten Pekalongan minimal tidak kalah dengan Kediri. Soal santrinya, pesantrennya, agar bisa bersama-sama membesarkan islam di bumi yang kita cintai ini,” lanjutnya.

Mewakili Pengasuh Ponpes Al Falah KH. Muhammad Abdurrahman Al Kautsar atau akrab dipanggil Gus Kautsar dalam sambutannya menyampaikan tentang sejarah dan sistem pembelajaran yang diterapkan di Ponpes Al Falah. Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini ada kurang lebih 13.000 orang santri yang sedang menuntut ilmu di Ploso.

Pengasuh Ponpes Al Falah Nyai Hj. Lailatul Badriyah Djazuli atau lebih dikenal sebagai Nyai Hj. Badriyah dalam sambutannya menambahkan dengan menyampaikan beberapa hal terkait dengan sejarah dan kegiatan belajar yang diselenggarakan Ponpes Al Falah.

Kegiatan kunjungan tersebut diakhiri dengan kegiatan ramah tamah, serta berbincang antara bupati dengan Pengasuh Ponpes Al Falah KH. Nurul Huda Djazuli.

Usai kegiatan tersebut, Bupati Pekalongan didamping suami dan seluruh rombongan dari Kabupaten Pekalongan melanjutkan perjalanan ziarah ke Makam Sang Proklamator Kemerdekaan sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno di Blitar.

Selain kegiatan kunjungan ke Ponpes Al Falah dan berziarah, Pemkab Pekalongan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional juga telah menyiapkan beberapa kegiatan menarik lainnya meliputi Jalan Sehat Hari Santri yang akan digelar pada Hari Jum’at 21 Oktober 2022, Apel Besar Hari Santri dan Pengajian Akbar Maulid Nabi dan Hari Santri pada Hari Sabtu 22 Oktober 2022, serta Karnaval Hari Santri pada Hari Minggu 23 Oktober 2022.

(Prokompim Kab. Pekalongan/Feri)

 809 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X