Sambut Hari Santri Nasional 2022,Ribuan Santri Di Sampang Ikuti Jalan Jalan Bersarung (Jasrung)

Pelopor.Net - 21 Oktober 2022 - 20:53 WIB
Sambut Hari Santri Nasional 2022,Ribuan Santri Di Sampang Ikuti Jalan Jalan Bersarung (Jasrung)
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – SAMPANG – Ribuan santri Di Sampang mengikuti (Jasrung) jalan-jalan sehat bersarung dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2022,Jum’at pagi (21/10/2022)

Giat (Jasrung) jalan-jalan sehat bersarung ini dihadiri langsung Wakil Bupati Sampang, Abdullah Hidayat, Dandim 0828/Sampang, Waka Polres Sampang, Kepala Kantor Kemenag Sampang, Perwakilan Forkopimda, Rais Syuriah PCNU Sampang KH Syafiuddin Abd Wahid bersama Pengurus PCNU Sampang dan perwakilan santri se kabupaten Sampang.

Wakil Bupati Sampang H. Abdulah Hidayat sebelum melepas peserta (Jasrung) dari depan Pendopo Trunojoyo menyatakan, dalam menyambut HSN 2022 ini kita tetap jaga silaturahmi antara santri karena silaturahmi bisa dijadikan tonggak untuk menyatukan peran santri dalam kemajuan bangsa. Sesuai temanya ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’ dan santri harus menjaga persatuan dan nilai kemanusiaan’,”Ucap Haji Ab yang akrap dipanggil dalam sambutanya,

Haji Ab menambahkan bahwa
santri merupakan penerus bangsa, ulama dan masa depan Indonesia. Maka di hari peringatan HSN 2022 ini harus dijadikan momentum menunjukkan eksistensi santri.
Dan kita tunjukkan hari ini bawa santri kuat, Sampang Hebat, santri kuat Sampang bermartabat,”tegasnya.

Sementara Kepala Kemenag Sampang Moh. Ersyad juga menyampaikan, bahwa di acara giat (Jasrum) ini kita sengaja mengambil konsep santri bersarung, karena para santri identik dengan sarungan.

Ia mengajak para santri untuk lebih mencintai atau harus bangga jadi santri yang berdaya menjaga martabat kemanusiaan demi masa depan bangsa, sebab sejarah Hari Santri Nasional ada kaitannya dengan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan RI,”ucapnya.

Sementara itu Ketua penitia NU Faisol menyebutnya hari santri tahun 2022 ini merupakan memontum yang sagat di tunggu oleh para santri karena selama dua tahun kita tidak melaksanakanya, karena ada pandemi Covid-19, tahun ini kita meriahkan dengan mengadakan tujuh kegiatan seperti; lomba Vidio profil pesantren, Vidio dikomenter santri dikital, Vidio Hadrah Al absi, baca kitab kuning, jalan-jalan sehat bersarung (Jasrum) yang dilaksanakan hari ini, di ikuti sekitar 300 ribu santri dan terahir Upacara di halaman kantor pemerintah Kabupaten Sampang,”jalas Faisol.

Faisol berharap, di momentum HSN ini semua lapisan masyarakat ikut memeriahkan dan saling menjalin silaturahmi untuk mengenang jasa para ulama dan santri. Dan “Semoga tahun depan bisa melaksanakan HSN lagi sebagai rasa sukur dan mengenang jasa para santri yang telah ikut berjuang dalam membela bangsa Indonesia,” pungkasnya. (Ibnu)

 399 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X