Sanggar Seni Paraguna Melestarikan Seni Budaya Sunda di Tanah Melayu

Pelopor.Net - 7 Maret 2022 - 10:11 WIB
Sanggar Seni Paraguna Melestarikan Seni Budaya Sunda di Tanah Melayu
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Tanjungpinang – Sanggar Seni Paraguna didirikan tanggal 20 Agustus 2020 di Kota Tanjungpinang yang lahir dari kecintaan orang Sunda di Tanjungpinang dengan tujuan untuk melestarikan Budaya Sunda. Sanggar Seni Paraguna dibawah Naungan Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang. Sabtu (05/03/2022).

Uus Kusdinar selaku Ketua Sanggar menyampaikan, bahwa Pagelaran Milangkala ke-5 Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, bisa menyuguhkan berbagai macam Kesenian Khas Pasundan seperti upacara adat penyambut, atraksi sisingaan, arumba tim yg menampilkan wonderfull sabang sampai merauke, tari merak, tari jaipongan, tim degung, kacapi suling, angklung dan rampak sekar.

Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang Saiful Mukarom memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada sanggar seni paraguna yang dapat mengenalkan budaya sunda kepada Masyarakat Kota Tanjungpinang.

“Sanggar ini diberi nama oleh kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kepri Drs. Toto Sucipto, yang sekaligus selaku Dewan Pembina Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang dan harus dipertahanankan keberadaannya di Tanah Melayu,” ujarnya.

Ditempat terpisah Nana Sopiana selaku Pelatih/Sekertaris sanggar paraguna menyampaikan bahwa banyak warga sunda di Tanjungpinang yang memiliki talenta dalam menggunakan alat – alat seni di sanggar paraguna, kami sedang mencetak generasi – generasi muda agar bisa dan mampu menampilkan kreasi seni Sunda.

Dia menambahkan, peralatan dan perlengkapan kesenian di sanggar sedikit demi sedikit diadakan untuk menambah property dari kesenian itu sendiri.

“Pesan saya kepada warga sunda pencinta Seni, silahkan bergabung dan menjadi bagian dari sanggar paraguna,” timpal Nana mengakhiri pembicaraan.

(Ac)

 390 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X