pelopor.net
Headline Sumatera Selatan

Satresnarkoba Polres Lubuk Linggau Gelar Pemusnahan BB Narkotika

Lubuk Linggau- Satresnarkoba Lubuk Linggau menggelar Acara pemusnahan Barang Bukti Narkotika jenis Shabu pada hari Rabu tanggal 5 Mei 2021 jam 16.30 WIB. Penangkapan periode April hingga Mei dengan beberapa tersangka. Berda sarkan Undang – undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Renja Sat Res Narkoba Polres Lubuklinggau Tahun 2021 ,DIPA / RKA-KL Sat Res Narkoba Polres Lubuklinggau TA.2021.

Acara pemusnahan Barang Bukti Narkotika jenis Shabu tersebut berlangsung di Stadion Taman Olah Raga Simlampari Lubuklinggau dipimpin Kapolres Lubuklinggau, dihadiri oleh Drs. H. SN. Prana Sohe Walikota Lubuklinggau, Firdaus Appandi, SH Kasi Pidum Kejari Lubuklinggau, Marselinus Ambarita,SH,MH Hakim Pengadilan Negeri Lubuklinggau.

Selain itu turut dihadiri juga H. Rodi Wijaya Ketua DPRD Lubuklinggau, Apandi,SE Kasubag Umum BNNK Lubuklinggau, Letkol Inf. Erwinsyah Taufan., SH.,MSi Dandim 0406/MLM, Cikwi., SKM.,M.Kes Kadinkes Kota Lubuklinggau, Edward Antony, SH, MH Penasehat hukum tersangka, AKBP Edhi Suryanto.SSi, Apt., M.Si Perwakilan Bid Labfor Polda Sumsel, Iptu ALWI Kasat Tahti, Ipda Joni Mulyadi Kasi Propam Polres Lubuuklinggau, IPTU Baruanto Kasiwas Polres Lubuklinggau.

Barang bukti sitaan Narkotika yang akan dimusnahkan pada hari Rabu tanggal 05 Mei 2021 Jam 16.30 Wib tersebut terdiri dari Narkotika Golongan bukan tanaman berupa Narkotika Golongan I jenis sabu sebanyak 199,41(seratus Sembilan puluh Sembilan koma empat puluh satu) gram.

Barang bukti tersebut, setelah dilakukan Penyisihan Untuk pemeriksaan Laboratorium dan barang bukti untuk sidang di Pengadilan Jumlah barang bukti yang dimusnahkan narkotika berupa Narkotika Golongan I jenis sabu sebanyak 199,41(seratus Sembilan puluh Sembilan koma empat puluh satu) gram.

Pelaksanaan pemusnahan Barang Bukti narkotika diawali dengan pemeriksaan terhadap barang bukti yang telah disegel sebelumnya dan dilakukan pemeriksaan kembali oleh petugas dari Bid. Labfor Polda Sumsel. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas dari Bid Labfor Polda Sumsel, selanjutnya barang bukti Narkotika jenis Shabu dihancurkan dengan dicampur air menggunakan blender selanjutnya dicampur dengan detergent. Setelah dilarutkan dengan air dicampur detergent limbah Barang bukti tersebut dibuang ke Septicktank ( pembuangan akhir ).

Kegiatan tersebut sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 91 UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan pasal 45 ayat 4 KUHAP yang mewajibkan kepada penyidik untuk melakukan pemusnahan barang bukti sitaan yang sifatnya terlarang dan dilarang untuk di edarkan (narkoba). Disamping itu untuk menghindari terjadi penyalahgunaan barang bukti dari aparat hukum yang tidak bertanggung jawab.

Pelaksanaan pemusnahan barang bukti Narkotika dari 1 (satu) Laporan Polisi dengan 3 (tiga) orang Tersangka hasil ungkap Sat Res Narkoba Polres Lubuklinggau bulan Mei 2021, selesai dilaksanakan dalam keadaan aman, tertib dan lancar.

Selanjutnya dibuatkan Berita Acara Pemusnahan yang ditandatangani oleh masing-masing tersangka disaksikan Penasehat Hukumnya.Rangkaian akhir pelaksanaan pemusnahan barang bukti Narkotika dilanjutkan dengan penanda tangan Berita Acara Pemusnahan oleh para Pejabat tamu Undangan.(auf&adi)