Sigap, Lapas Sragen Tangkap Dua Tahanan Melarikan Diri dan Buru Tiga Lainnya

Pelopor.Net - 29 November 2022 - 07:08 WIB
Sigap, Lapas Sragen Tangkap Dua Tahanan Melarikan Diri dan Buru Tiga Lainnya
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Sragen – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen kembali berhasil menangkap tahanan berinisial WK yang melarikan diri dari Lapas pada Sabtu (26/11). Sehari sebelumnya, Jumat (25/11), tim gabungan Pemasyarakatan dan Kepolisian Sektor (Polsek) Ciputat juga telah berhasil membekuk satu tahanan berinisial AS. Kini, pihak Lapas masih memburu tiga dari lima tahanan yang melarikan diri pada Senin (21/11) lalu.

Kepala Lapas Sragen, Budi Yuliarno menjelaskan, keberhasilan penangkapan kedua tahanan ini berkat koordinasi jajaran Pemasyarakatan di beberapa daerah dengan pihak kepolisian, keluarga tahanan, hingga masyarakat setempat.

“Pada kasus pencarian WK, kami melakukan pendekatan dan meyakinkan keluarga yang bersangkutan untuk membantu dan kooperatif dalam pencarian tersebut. Kami mendapatkan respon yang baik,” tutur Budi.

Budi mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari keluarga WK bahwa WK sempat pulang ke rumah. Keluarga juga membantu Lapas Sragen melakukan proses penangkapan di tempat persembunyiannya.

WK diamankan di daerah Mojosongo, Surakarta sekitar pukul 19.00 WIB. Saat disergap, ia sempat mengelak dan melakukan perlawanan, namun berhasil diamankan petugas. Ia kemudian dibawa kembali ke Lapas Sragen dan ditempatkan di sel pengasingan (straft cell).

Sementara sebelumnya, AS diamankan di daerah Ciputat dengan bantuan tim Politeknik Pemasyarakatan (Poltekip) dan Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur. Penangkapan juga dilakukan berbekal informasi dari keluarga tahanan. AS diamankan sekitar pukul 19.00 WIB dan dibawa ke Polsek Ciputat untuk pemeriksaan. Selanjutnya, yang bersangkutan diamankan di Lapas Khusus Gunung Sindur sebelum dibawa kembali ke Lapas Sragen.

Budi mengungkapkan, hingga kini pihaknya terus melakukan pencarian dan pengejaran terhadap tiga tahanan lainnya. Mereka terus menjalin komunikasi dan kerja sama baik dengan Kepolisian maupun pihak lainnya.

“Kami memohon kerja sama dari semua pihak, termasuk keluarga atau masyarakat umum yang melihat atau mengetahui keberadaan para pelaku agar segera melaporkan kepada kepolisian terdekat,” tandasnya.

(Iriek/Hms)

 342 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X