Ternyata Desa Ini Belum Mendapatkan Bantuan Dana Desa Dari Pemerintah Pusat

Pelopor.Net - 15 Maret 2022 - 16:51 WIB
Ternyata Desa Ini Belum Mendapatkan Bantuan Dana Desa Dari Pemerintah Pusat
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Nusa Tenggara Timur – Masyarakat desa Bitefa, Kecamatan Miomaffo Timur Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur, (NTT) bersama Kepala desa bergotong-royong membersihkan ruas jalan, di mana, jalan di desa ini menghubungkan negara Indonesia dengan negara tetangga Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Kepala desa Bitefa Viktorianus Naihati S.Pd diselah-selah aktivitas tersebut mengatakan, aktivitas pembersihan selalu dilakukan pada musim penghujan karena ruas jalan Bitefa selalu ditutupi ranting-ranting pohon.

Sebab, lanjut Kades, ketika musim penghujan sepang jalan umum selalu ditutupi ranting pohon dan rumput yang disekitaran jalan pun tumbuh tinggi sehingga menghambat mereka yang melintasi jalan itu. Apalagi ruas jalan ini menuju perbatasan negara RDTL dan lokasi pariwisata yang berbatasan langsung dengan negara Republik Demokratik Timor Leste, ungkap Kades.

Ruas jalan ini merupakan jalan negara yang perlu diperhatikan secara baik oleh stakeholder terkait.

Namun desa ini belum mendapatkan bantuan atau sentuhan dana desa dari pemerintah pusat,

Sebagaimana kata Mentri Keuangan, Sri Muliani dalam buku pintar dana desa, di situ mengatakan bahwa, Undang-undang desa telah menetapkan desa sebagai ujung tombak pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Desa diberikan kewenangan dan sumber dana yang memadai agar dapat mengolah potensi yang dimilikinya guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Namun hal itu tidak berlaku bagi Desa Bitefa yang berada di Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang sudah menjadi desa peralihan dari kelurahan menjadi desa sejak 2016 lalu.

Kepada awak media ini, Kades mengatakan, Desa bitefa salah satu desa yg merupakan desa peralihan status dari kelurahan ke desa semenjak tahun 2016 lalu, jadi belum mendapatkan bantuan dana desa dari pemerintah pusat.

Sedangkan gaji aparat desa, di bayar dengan menggunakan alokasi dana desa dari pemerintah daerah Timor Tengah Utara(TTU), sebab belum ada dana desa dari pemerintah pusat.

Sementara, bantuan-bantuan berupa perumahan masyarakat desa Bitefa mendapatkan bantuan dari dinas Perumahan, akan tetapi tahun ini baru akan terealisasi. Sedangkan, bantuan langsung tunai (BLT) masyarakat Desa Bitefa mendapatkan langsung dari Dinas Sosial Kabupaten TTU, ujarnya

Harapan saya, masyarakat tetap sabar karena ke depan kita akan berusaha bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mendapatkan kode desa agar masyarakat bisa merasakan pembangunan di desa Bitefa yang kita cintai ini, tutup kades dengan penuh rendah hati.

(Ridho Seran)

 1,179 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X