Tidak Menggelar Sholat Idul Adha, Musholla Al Hidayah Ikuti Ketentuan Pemerintah

Pelopor.Net - 16 Juli 2021 - 01:44 WIB
Tidak Menggelar Sholat Idul Adha, Musholla Al Hidayah Ikuti Ketentuan Pemerintah
 ()
|
Editor

SAMPANG, PELOPOR.NET – Musholla “Al Hidayah” jalan Semeru Kelurahan Rongtengah Sampang Madura Jawa Timur tidak akan menggelar sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442/2021.

Keputusan itu diambil atas dasar kesepakatan dari Ta’mir dan sejumlah jamaah, termasuk juga pertimbangan dari Ketua RT5/RW3 Kelurahan setempat.

Salah satu Anggota Ta’mir Ach Saifuddin jumat 16/7 membenarkan untuk Idul Adha 10 Dzulhijjah/2021 tidak akan menggelar sholat ied.

Pertimbangan yang menjadi dasar keputusan yakni Instruksi Mendagri dan Surat Keputusan Bupati tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali yang dimulai 3 – 20 juli 2021.

“Kebetulan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442/2021 ini jatuh pada 20/7 masa akhir PPKM, namun jika ada perubahan ketetapan baru dari Pemerintah akan diinformasikan lebih lanjut kepada jamaah,” ujar Fud panggilan Ach Saifudin PNS Polres Sampang.

Diungkapkan, sebenarnya ada dua opsi, pertama menggelar sholat Ied dengan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) termasuk membatasi kapasitas jamaah 50 persen dan tidak menggelar.

Karena kapasitas Musholla terbatas sementara jamaahnya banyak , tidak mungkin untuk menjalani disiplin Prokes dan pasti memunculkan kerumunan.

Selain itu akan terjadi kecemburuan sosial jika membatasi jamaah hingga 50 persen.

Sehingga diputuskan untuk meniadakan sholat Ied, karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan serta mengikuti anjuran Pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat di era Pandemi Covid-19 yang semakin meningkat.

Sebelumnya setiap tahun Musholla “Al Hidayah” selalu menggelar sholat Ied baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Musholla ini menampung warga masyarakat di jalan Semeru dan Pajudan maupun Wilis yang tidak ke Masjid maupun ke Lapangan.

Sedangkan setiap harinya selama sholat 5 waktu berkisar 15 – 25 orang yang mengikuti sholat berjamaah.

Untuk malam takbir tetap dilaksanakan dan jumlahnya terbatas, bahkan tidak menutup kemungkinan akan menggunakan flasdish untuk meramaikan suasana Hari Raya Idul Adha. (det/hsn)

 67 Pembaca,  1 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X