Tim Rescue Animal Penanggulangan Bencana Damkar Lubuklinggau Mengevakuasi Ular Masuk dalam Rumah

Pelopor.Net - 21 Desember 2022 - 21:39 WIB
Tim Rescue Animal Penanggulangan Bencana Damkar Lubuklinggau Mengevakuasi Ular Masuk dalam Rumah
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Lubuklinggau – Tim Rescue Animal bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Kota Lubuklinggau mencatat selama dua bulan terakhir sudah sembilan kasus ular masuk rumah warga.

“Semuanya berhasil di evakuasi. Dari sembilan itu, delapan diantaranya ular sanca dan satu ular kobra,” kata Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Kota Lubuklinggau, Suryo Amrinata.

Dijelaskannya, sebagian besar rumah warga yang dimasuki ular memang tidak jauh dari perkebunan dan rawa. Sehingga di saat musim hujan hewan reptil tersebut disinyalir memilih untuk mencari kehangatan dengan masuk kedalam rumah. Sekaligus pula keluar dari sarang untuk mencari makan.

“Memang selama dua bulan terakhir, teruatama di bulan November itu kita sudah lumayan banyak melakukan evakuasi,” timpalnya.

Suryo mengungkapkan, tingginya kasus laporan ular masuk rumah di bulan Nobember kemarin dikarenakan faktor hujan. “Karena potensi ular masuk sangat besar karena pada waktu bulan November curah hujan tinggi, otomatis dia mencari tempat kering atau hangat,” bebernya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk rajin membersihkan pekarangan rumah dan jangan sampai ditumbuhi rumput liar. Disamping itu pula, masyarakat diimbau untuk membersihkan barang-barang bekas yang ada dibelakang maupun samping rumah. “Untuk sekarang ini tetap waspada dengan kemunculan ular. Sebab curah hujan masih ada,” bebernya.

Kepada masyarakat juga diimbau bilan menemukan atau melihat hewan reptil seperti ular agar segera menghubungi pihaknya. “Petugas kami 24 jam standbay di pos dan siap menindaklanjuti laporan masyarakat,” pungkasnya. (af)

 399 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X