Uang Yang Dikelola Oleh Desa adalah Milik Rakyat, Bukan Milik Kepala Desa

Pelopor.Net - 4 Maret 2022 - 02:46 WIB
Uang Yang Dikelola Oleh Desa adalah Milik Rakyat, Bukan Milik Kepala Desa
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Malaka – Desa Fatoin adalah salah satu desa terpencil di Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Masyarakat dari Desa ini sudah menikmati program yang dikerjakan oleh Kepala Desa Fatoin, Nursisius Un Naifio.

Untuk diketahui program yang sudah terealisasi, Kades Fatoin kepada awak media ini menjelaskan, semenjak pertama saya dilantik, saya bekerja sesuai dengan visi misi yang sebelumnya saya kampanyekan.

Pada tahun 2017 lalu setelah saya dilantik, kata kades, yang saya kerjakan adalah merehab 15 unit rumah yang tidak layak huni dan membangun infranstruktur jalan kurang lebih 400 meter, di mana, jalan yang saya bangun itu dapat menghubungkan 4 dusun yang ada di desa Fatoin. Selain itu, saya mengadakan traktor tangan lahan basah dan mesin rontok padi, sebab di desa Fatoin 80% rakyat memiliki lahan basah.

Sedangkan pada tahun 2018, saya membangun 24 unit rumah semi permanen, di mana, 12 unit bangunan baru dan 12 unit rehab ringan. Pada tahun yang sama, karena kebutuhan masyarakat belum terpenuhi, saya adakan lagi traktor tangan utk kelompok tani lahan basah, ungkapnya.

Pada tahun 2019 tambahnya, saya membangun 3 unit rumah permanen kepada mereka yang rumahnya tidak layak huni, dan membangun lagi infranstruktur jalan dengan ukuran 600 meter. Semua pekerjaan itu sudah terealisasi dan sudah dinikmati oleh masyarakat umum, khususnya masyarakat Fatoin.

Pada tahun 2020, kebanyakan dana diberikan kepada masyarakat berupa Bantuan Langsung Tunai(BLT) dan selebihnya dipakai untuk membangun rumah permanen sebanyak 13 unit dengan ukuran 6mX6m disambung dengan WC. Bantuan yang saya berikan itu benar-benar kepada mereka yang rumahnya tidak layak huni, katanya.

Dan pada tahun 2021, Kades membangun bak reser foyer 1 unit dengan ukuran 4x4x2 m persegi, dan juga jaringan perpipaan untuk seluruh masyarakat Fatoin. Sebab kata Kades, desa Fatoin mendapatkan bantuan dari LSM berupa mesin pompa air dengan kekuatan 40 Pk. Hingga saat ini masyarakat sudah menikmati air dari hasil program yang saya realisasikan, dan pada saat yang sama, dana yang ada juga saya berikan kepada masyarakat berupa Bantuan Langsung Tunai(BLT) sesuai instruksi dari Presiden, sisa dari dana itu, saya adakan bibit babi pedaging sebanyak 170 ekor untuk 170 KK.

Semua program saya sejak menjadi kepala desa, semua sudah terealisasi dan hasilnya sudah dinikmati oleh masyarakat saya di desa Fatoin, saya melakukan hal ini demi rakyat, sebab uang yang saya kelola adalah milik rakyat, bukan milik kepala desa, pungkasnya.

Yohanes Bian kepada awak media ini membenarkan hal ini. Kami sudah sangat menikmati hasil dari program-program dari kepala desa, dan kami masyarakat Fatoin sangat puas dengan hasil kerja kepala desa, ungkap Yohanes

Ditahun 2022 ini, kepala desa belum bisa memberikan keterangan, sebab kata Kades belum ada perencanaan untuk anggaran tahun ini. Dalam waktu dekat, akan ada rancangan untuk anggaran tahun 2022, Pungkasnya.

(Ridho Seran)

 1,134 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X