Wali Kota Aaf, secara simbolis Uji Kendarai Motor Listrik Ramah Lingkungan dari PLN

Pelopor.Net - 29 Maret 2022 - 10:15 WIB
Wali Kota Aaf, secara simbolis Uji Kendarai Motor Listrik Ramah Lingkungan dari PLN
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Pekalongan – Pemerintah kota (Pemkot) Pekalongan mengapresiasi terobosan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang telah mengenalkan kendaraan listrik di Kota Pekalongan.

Pada kesempatan tersebut, secara simbolis, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mencoba mengendarai motor listrik yang diluncurkan oleh PLN, bertempat di Halaman Kantor Walikota setempat, Jumat siang (25/3/2022).

Walikota Aaf, sapaan akrabnya menyambut baik adanya inovasi dari PLN UP3 Pekalongan yang telah mengenalkan kendaraan listrik yang tentu saja ramah lingkungan. Hal ini selaras untuk mendukung bangsa dalam hal ramah lingkungan.

“Motor listrik yang diluncurkan PLN ini sangat luar biasa, tanpa suara, tanpa gas, dan tanpa asap, dan motornya sudah sesuai standar motor biasa, jalannya juga kencang,” ucap Aaf.

Aaf berharap, inovasi semacam ini ke depan merupakan sebuah keharusan, bahkan di Negara Eropa di tahun 2035 mendatang sudah menggunakan serba listrik, hal ini semoga bisa diterapkan segera di Indonesia.

“Kita harus mulai dari sekarang untuk terus peduli lingkungan dalam mengurangi polusi, emisi, dan sebagainya. Semoga ke depan PLN semakin inovatif,” tegasnya.

Manager PLN UP3 Pekalongan, M. Khadafi menerangkan bahwa, adanya motor listrik PLN Ini sejalan dengan kebijakan yang telah digalakkan pemerintah saat ini mengenai regulasi transisi energi, terlebih saat ini sudah ada forum G20 Indonesia. Menurutnya, PLN dalam hal ini, mewakili pemerintah untuk mendukung kesiapan proses transisi energi tersebut.

Program kendaraan listrik ini sendiri, merupakan upaya pemerintah mengatasi tingginya pemakaian BBM, termasuk mengupayakan penggunaan energi yang ramah lingkungan dan terbarukan. Pihaknya berharap, PLN bisa menjadi bagian yang sangat strategis dalam mendukung terciptanya kondisi ramah lingkungan dan mendukung regulasi pemerintah.

“Seperti diketahui, target zero net carbon 2060 itu semua pembangkit listrik maupun sarana dan infrastruktur menggunakan listrik. Jadi dalam hal ini, kami memberikan experience (pengalaman) kepada Bapak Walikota untuk mencoba menggunakan motor listrik.

Dari PLN sendiri, secara infrastruktur ini sudah bertahap mengubah motor konvensional menjadi motor listrik sebagai kendaraan operasionalnya. Mungkin ke depan nanti akan banyak juga inovasi lainnya seperti bus listrik, mobil listrik, dan sebagainya,” tandasnya.

Kominfo/Tim

 285 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X