Wali Kota Aaf : Selaraskan Tema Hari Jadi ke 116 Bersinergi Membangun Bersama Rakyat

Pelopor.Net - 1 April 2022 - 10:02 WIB
Wali Kota Aaf : Selaraskan Tema Hari Jadi ke 116 Bersinergi Membangun Bersama Rakyat
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Kota Pekalongan – Kota Pekalongan dalam waktu dekat akan memperingati Hari Jadi nya yang ke-116 Tahun 2022 pada 1 April mendatang. Adapun tema Hari Jadi Kota Pekalongan tahun 2022 ini mengusung tema “Bersinergi Membangun Bersama Rakyat”.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid menyampaikan bahwa, sesuai dengan tema yang diusung tersebut, sinergitas ini sangat penting dilakukan. Pasalnya, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam melaksanakan program-program pembangunan daerah, melainkan didukung dengan masukan, kerjasama dan solusi-solusi dari masyarakat. Salah satu kerjasama yang diharapkan adalah mengenai penanganan sampah yang masih belum tuntas.

“Banyak sekali dari warga yang sudah memberikan masukan ke pemerintah apa yang terjadi di wilayahnya masing-masing, bahkan dengan solusi akan jauh lebih baik. Kami tekankan dan fokuskan adalah bagaimana penanganan sampah dan peran masyarakat sangat diperlukan. Bayangkan 120 ton sampah per hari masuk ke TPA, kalau dirata-rata sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di Kota Pekalongan itu berkisar 4 ons-0,5 kg sampah per orang,” tutur Aaf, saat dikonfirmasi, baru-baru ini.

Menurutnya, penanganan sampah itu bisa dimulai dari pemilahan sampah dari rumah yang tepat untuk kemudian bisa disetorkan ke bank-bank sampah yang ada di Kota Pekalongan yang pengelolaannya bekerjasama dengan TP PKK setempat. Dengan memberikan masukan dan solusi dari warga ke pemerintah, nantinya bisa disampaikan ke pihak terkait maupun bisa melalui berbagai media atau kanal online.

“Ayo kita mulai supaya permasalahan ini cepat beres, dan sinergitas dengan masyarakat berkaitan program-program pembangunan. Masukan-masukan, solusi yang terjadi di daerah masing-masing ini ayuk kita tumbuhkan peran serta dari masyarakat, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, justru kita harapkan peran serta dari masyarakat untuk bersinergi maupun memberikan masukan. Komunikasi dengan masyarakat juga sudah kami buka melalui media maupun kanal-kanal online. Harapannya, seinergitas bersama ini terus bisa terjalin,” tegasnya.

Pihaknya menyebutkan, mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum usai, maka pelaksanaan rangkaian Hari Jadi Kota Pekalongan Tahun 2022 akan digelar secara sederhana, diantaranya berupa kegiatan Khataman Al-Quran pada tanggal 31 Maret malam hari, kemudian di tanggal 1 April 2022 berupa kegiatan istighosah dan penyerahan piagam penghargaan kepada 12 keluarga tokoh/ pahlawan yang telah berkontribusi dan mengabdikan diri untuk Kota Pekalongan sehingga nantinya akan abadikan nama tokoh tersebut menjadi nama jalan-jalan di Kota Pekalongan.

“Tidak hanya itu, Pemkot juga akan ziarah ke makam para mantan Walikota Pekalongan yang dikebumikan di Kota Pekalongan, rapat paripurna. Mudah-mudahan dengan kesederhanaan ini tidak mengurangi makna peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan ke-116 Tahun 2022,” pungkasnya.

(Kominfo / Tim)

 339 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X