Wali Kota Pekalongan Berikan Bantuan Kursi Roda Bagi PPKS

Pelopor.Net - 8 Desember 2021 - 13:58 WIB
Wali Kota Pekalongan Berikan Bantuan Kursi Roda Bagi PPKS
 ()
|
Editor

PELOPOR.net, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinsosP2KB) menyalurkan bantuan sosial berupa kursi roda kepada warga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kota Pekalongan Tahun 2021. Penyaluran diserahkan secara langsung dari Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, SE didampingi Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosyidi, SIP, MSi, kepada penerima manfaat yakni Muhammad Naufal Ardiansyah yang beralamatkan di Jalan Veteran Gg. 3 No.15, Kelurahan Pasirkratonkramat, Kecamatan Pekalongan Barat dan Ma’ani, warga Jalan Jlamprang Gg 1 No. 55, Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Selasa (7/12/2021).

Usai menyerahkan bantuan tersebut, Walikota yang akrab disapa Aaf ini mengungkapkan bahwa, bantuan kursi roda ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinsos-P2KB terhadap kalangan disabilitas di Kota Pekalongan. Dalam penyaluran bantuan hari ini diserahkan langsung di kediaman penerima manfaat di dua lokasi berbeda.

“Pada hari ini kami menyalurkan bantuan kursi roda di dua lokasi berbeda yakni di Kelurahan Pasirkratonkramat dan Kelurahan Klego. Bantuan kursi roda ini dari Pemkot melalui Dinsos-P2KB Kota Pekalongan yang sebelumnya warga atau anggota keluarganya sudah mengajukan usulan untuk dibantu kursi roda bagi kalangan disabilitas dalam mempermudah aktivitas sehari-harinya,” tutur Aaf.

Menurut Aaf, di tahun 2021 ini,memang banyak sekali warga yang mengajukan untuk dibantu kursi roda kepada Pemkot. Namun, penyaluran bantuan ini dilakukan secara bertahap dan mempertimbangkan skala prioritas urgensi kebutuhannya. Pihaknya berharap, bantuan kursi roda ini bisa bermanfaat bagi penerima dalam menunjang aktivitasnya sehari-hari agar mereka tetap dapat berdaya guna, terutama untuk diri sendiri dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

“Memang warga banyak yang mengajukan bantuan kursi roda ke pemerintah, tetapi kami salurkan bergiliran dan ada skala prioritas, masukan dari lurah, RT/RW setempat terkait warga mana yang memang sangat urgen membutuhkan kursi roda. Bantuan ini disalurkan secara bertahap dan diprioritaskan terlebih dahulu bagi warga yang sangat membutuhkan,” ucap Aaf.

Sementara itu, Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosyidi, SIP,  Msi, menjelaskan bahwa, penyaluran bantuan kursi roda ini merupakan kegiatan dari Dinsos-P2KB yang diberikan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2021.

“Kita membantu masyarakat yang membutuhkan kursi roda, dimana tahun ini kebetulan yang membutuhkan banyak sekali. Kemarin untuk pengadaan kursi roda ada 22 buah kursi roda dari dana APBD Pemkot Pekalongan, kemudian kita minta bantuan ke Balai Kartini Temanggung dan mendapat tambahan 11 kursi roda, tongkat cane, dan walker, sehingga total untuk bantuan kursi roda di tahun 2021 yang disalurkan ada 33 buah kursi roda,” terang Yos.

Dipaparkan Yos, terkait mekanisme penyaluran bantuan kursi roda ini, memang dari masyarakat mengajukan bantuan ke Walikota, kemudian dari Dinsos-P2KB melakukan pengecekan seberapa jauh urgensi /keparahannya untuk bisa diusulkan di pengadaan barang dan jasa. Pihaknya berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk penerima manfaat agar bisa membantu beraktivitas sehingga bisa lebih nyaman daripada sebelumnya dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Yos juga menegaskan bahwa,dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember lalu, Pemkot melalui Dinsos-P2KB senantiasa meningkatkan pelayanan penunjang untuk kalangan disabilitas dari mulai sarana dan prasarana, kegiatan dan sebagainya.

“Bagaimana nanti di trotoar-trotoar jalan ini bisa ramah terhadap kaum disabilitas, kemudian di kantor-kantor,kami akan berusaha supaya pelayanan publik seperti di gedung-gedung, angkutan juga memudahkan bagi kalangan disabilitas,”ungkap Yos.

Salah satu penerima manfaat bantuan kursi roda,Ma’ani (57) mengaku senang dan bersyukur bisa mendapatkan perhatian pemerintah untuk bisa menerima bantuan kursi roda ini. Ma’ani berujar bantuan kursi roda ini nantinya bisa dimanfaatkannya untuk memudahkan beraktivitas sehari-hari. Pihaknya mengaku sudah tidak bisa berjalan sejak tahun lalu karena sakit kolestrol parah yang dialaminya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot sudah dibantu kursi roda ini. Kemarin dari Pak RW ke rumah untuk mengajukan bantuan kursi roda, Alhamdulillah hari ini bisa terealisasi bantuan kursi roda ini,” pungkas Ma’ani.

(Humas / feri-r)

 

 168 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X