Warga Masyarakat Tunglur Desa Ngadipiro Tolak Balak Pageblok

Pelopor.Net - 25 Juli 2021 - 13:10 WIB
Warga Masyarakat Tunglur Desa Ngadipiro Tolak Balak Pageblok
 ()
|
Editor

Nganjuk, PELOPOR.net – Warga masyarakat dusun tunglur desa ngadipiro kecamatan wilangan, telah lakukan acara selametan/syukuran di perempatan jalan, dusun tunglur.

Acara selametan/syukuran untuk tolak balak dusun tunglur, desa ngadipiro. di perempatan jalan sejak jaman nenek moyang telah di lakukan, karena di yakini untuk tolak balak desa maupun dusun lingkungan. Adat jawa yang tidak boleh di hilangkan yang harus selalu di lestarikan, walaupun perkembangan zaman modern.

25 juli 2021 warga dusun tunglur desa ngadipiro berkumpul di perempatan jalan lakukan acara selametan/syukuran untuk tolak balak pageblok yang sedang sudah memakan korban jiwa manusia. yang tradisi memakai (iker) yang terbuat dari gedebok pisang, yang berisikan nasi lauk pauk dan jenang sengkala/ sengkolo, dan juga jenang tolak, Warga dusun tunglur rutin adakan acara selametan/syukuran setahun sekali bertempat di perempatan jalan.

Mbah serno” sesepuh dusun tunglur desa Ngadipiro yang membaca do’a mewanti wanti semua warga jangan pernah mengucap hal hal yang buruk/ ollo” ujar mbah sirno”

Lanjut mbah sirno” kita slametan/ bancak,an memohon kepada yang maha pencipta supaya selalu di beri keselamatan dunyo, Akhirot, jenang sengkolo tinulak sekabehe ollo” jenang tolak tinulak sekabehe ollo maupun beboyo, ya’ semua ini kita tetap percaya kepada Alloh”
Semoga setelah kita slametan,bancak,an pageblok cepat punah mas’ pungkasnya” (mun)

 354 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X