Warga Surabaya Rela Antri Demi Tukar Uang Baru di Bank Indonesia Jawa Timur

Pelopor.Net - 18 April 2022 - 10:38 WIB
Warga Surabaya Rela Antri Demi Tukar Uang Baru di Bank Indonesia Jawa Timur
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – SURABAYA – Antrian warga yang hendak menukarkan uang di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur di Jalan Pahlawan, Krembangan, Surabaya cukup panjang, Minggu (17/4/2022).

Bahkan, tak hanya di ruas Jalan Pahlawan, ekor kepadatan kendaraan juga menjangkau ruas jalan lainnya di seputaran kantor BI Jatim. Untuk diketahui, khusus untuk layanan penukaran uang baru, BI Jatim menambah cara untuk penukaran diakhir pekan lewat drive thru. Layanan yang dibuka hanya pada Sabtu dan Minggu selama Ramadhan ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB.

Sekalipun demikian, warga ternyata antusias mengantre sejak pagi. Di antaranya, pria yang mengaku bernama Didi. Demi mendapatkan nomor antrean awal, ia berangkat pukul 05.00 WIB.

“Ternyata, saya bukan yang pertama, ada yang lebih dahulu dari saya,” kata pria sambil mengendarai roda dua ini.

Didi rela berangkat lebih pagi demi memastikan uang baru bisa dalam genggaman. Rencananya, ia akan menukar Rp1,5 juta rupiah dengan pecahan Rp10 ribuan dan Rp500 ribuan akan digunakan untuk mudik. Ia bersama anggota keluarga akan mudik ke Kediri.

“Sudah dua tahun kami nggak mudik karena pandemi. Sehingga, begitu sudah boleh mudik, kami ingin membawa uang baru ini,” katanya.

Tak hanya bagi warga yang akan mudik, warga Surabaya lainnya, Nana juga semangat menukar uang untuk lebaran di Surabaya.

“Kami tak mudik, karena kami tak punya kampung halaman. Rencananya, uangnya akan kami gunakan di Surabaya saja,” kata Nana tersenyum.

Karena mengantre sekitar 4 jam, warga pun memarkir kendaraannya di badan jalan. Sedangkan mereka duduk bersila di samping kendaraan hingga trotoar untuk menghindari terik matahari.

Tak hanya roda dua, layanan drive thru ini juga diikuti roda empat. Mereka juga baris berjajar dengan roda dua. Beberapa petugas Satpol-pp Kota Surabaya hingga pihak kepolisian ikut berjaga di lokasi. Mereka memastikan antrean berjalan tertib sekaligus mengurai kepadatan arus di lokasi.

Tahun ini, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12 triliun. Ini hanya untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Kepala BI Jatim, Budi Hananto, mengatakan, kebutuhan uang tunai setiap Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri selalu mengalami peningkatan.

“Termasuk tahun ini yang secara nasional telah diprediksi akan mengalami kenaikan sekitar 13,4 persen dibanding realisasi tahun lalu,” kata Budi Hananto, saat kick off layanan penukaran uang baru melalui cara drive thru di kantor BI Jatim, Sabtu (9/4/2022) lalu.

Untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah baru tersebut, BI Jatim bekerjasama dengan 31 perbankan di Surabaya. Mereka berinovasi memberikan pelayanan penukaran uang rupiah yang mudah dan nyaman mekanisme drive thru.

“Layanan yang baru pertama kali diterapkan di Surabaya ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya,” ujar Budi.

Layanan penukaran secara drive thru tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, yaitu tanggal 9, 10, 16, 17, 23, dan 24 April 2022. Kegiatan penukaran dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 – 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 – 15.00 WIB yang bertempat di KPwBI Provinsi Jawa Timur.

Untuk pemerataan penerima uang baru, setiap penukar hanya dapat menukar uang maksimal Rp 3,8 juta yang terdiri dari maksimal 1 pak atau bendel untuk masing-masing pecahan Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp 20.000 sampai dengan pecahan Rp1.000.

 552 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X