Yogi Petai Spesialis Curas Di Lubuklinggau Di Tangkap Tim Macan

Pelopor.Net - 3 Januari 2023 - 17:21 WIB
Yogi Petai Spesialis Curas Di Lubuklinggau Di Tangkap Tim Macan
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net-Lubuklinggau – Dede Yogi Saputra alias Yogi Petai, 32 tahun, pelaku percobaan pencuriam dengan kekerasan (curas) berupa perampasan motor yang beraksi dengan modus meminta antar diringkus Tim Macan Linggau Satreskrim Polres Lubuklinggau.

Macan Linggau menangkap tersangka di rumahnya di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau, Sumsel pada Selasa (2/1/2023) sekitar pukul 11.30 WIB.
Penangkapan tersangka dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Lubuklinggau, AKP Robi Sugara didampingi Kanit Pidum, Iptu Jemmy Amin Gunayel bersama Tim Macan Linggau.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi melalui Kasat Reskrim, AKP Robi Sugara mengatakan, aksi percobaan begal motor yang dilakukan tersangka terjadi di Jalan Gentayu, Kelurahan Keputraan, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.
Tersangka saat itu hendak merampas motor milik korban Danu,warga Jalan Griya Pasar Ikan, Kelurahan Simpang Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I pada Senin, 9 Mei 2022 sekitar pukul 14.30 WIB.
“Saat itu korban Danu sedang mengendarai motor Honda Vario BG 2432 HV selesai membeli amplas di sebuah tempat toko Blbangunan,’ ujarnya. Kemudian korban disapa oleh orang yang tidak dikenal dan meminta kepadanya diantarkan ke arah SMA Xaverius guna mengantarkan kartu ATM. Dan pelaku meminta kepada korban untuk membawa motor. Lantas korban-pun menyetujuinya.

“Setiba di TKP, pelaku pura-pura menjatuhkan kartu ATM-nya dan meminta korban mengambil kartu ATM-nya. Namun korban tidak mau,” bebernya.
Kemudian pelaku memaksa menurunkan korban dengan cara mengangkat ban depan motor. Lalu mendorong korban, hingga korban terjatuh. Saat pelaku hendak kabur membawa motor, korban berteriak maling dan warga berusaha menghadang pelaku.
“Dan pelaku terjatuh, lalu mengeluarkan pisau,” ungkapnya.

Sehingga warga yang mengejar dan menghadang berhenti mengejarnya. Hingga akhirnya pelaku berhasil melarikan diri meninggalkan korban dan motor. Di TKP ditemukan dompet warna cokelat milik lelaku yang jatuh dan berisikan surat keterangan domisili yang dikeluarkan Pemkot Lubuklinggau.
Surat itu atas nama Dede Yogi Saputra, ditemukan pula kartu ATM Bank BRI, kartu ATM Bank BCA dan beberapa kartu identitas lainnya termasuk foto pelaku di dalam dompet.
Kemudian atas Kejadian tesebut korban melaporkannya ke Polres Lubuklinggau untuk ditindaklanjuti.
Tim Macan kemudiaan melakukan penyelidikan dengan petunjuk dompet milik pelaku yang tertinggal. Dan mencari alamat asal pelaku.

Selain itu Polisi juga telah melakukan pemeriksaan saksi. Dan dari hasil pemeriksaan serta penyelidikan, didapat infornasi benar Dede Yogi Saputra alias Yogi Petai sebagai pelaku percobaan curas. “Pelaku juga merupakan residivis yang pernah terlibat kasus curas dan curat,” bebernya.
Kemudian Tim Macan Linggau mencari informasi tentang keberadaan tersanhja Dede Yogi Saputra. Dan didapat informasi tersangka sedang berada di rumah orang tuanya.

Selanjutnya tim bergerak cepat guna melakukan upaya penangkapan terhadap tersangka. Saat dilakukan penangkapan, tersangka berusaha melarikan diri. Dan pihak keluarga mencoba menghalangi petugas yamg melakukan penangkapan.
Lalu dilakukan pengejaran terhadap tersangka yang melarikan diri. Hingga terjadi kejar-kejaran antara letugas dan tersangka. Dalam pengejaran itu, teraanhja masuk ke dalam warung milik orang tuanya. Dan masih berusaha melakukan perlawanan dengan tangan kosong yakni mencekik leher petugas.
Namun berkat kesigapan anggota, tersangka berhasil ditangkap. Petugas juga memberikan penjelasan dengan tegas dan humanis kepada pihak keluarga tentang upaya paksa yamg dilakukan oleh petugas kepolisian.
Selanjutnya tersangka dibawa ke Polres Lubuklinggau untuk dilakukan pemeriksaan intensif.
Barang bukti yang diamankan 1 buah dompet warna cokelat, 1 motoe Honda Vario BG 2432 HV, 1 kartu ATM Bank BCA, 1 karti ATM Bank BRI, 1 lembar foto tersangka, 1 lembar copy surat keterangan domisili yang dikeluarjan Lurah Pasar Pemiri.

“Tersangka mengakui melakukan percobaan pencurian dengan kekerasan. Tersangka telah tiga kali residivis dalam kasus curas,” bebernya.
Saat ini Tim Macan Linggau sedang melakukan pengembangan terhadap kasus curas dan curat lainnya yang melibatkan tersangka Yogi. Modusnya mibta antar dengan motor, angkat ban dan jambret tas.
“Nama Yogi Petai sangat familiar sebagai pelaku curas dan curat di Kota Lubuklinggau,” terangnya.
Hasil pengembangan, tersangka terlibat curas TKP di Jalan Jend Sudirman, Kelurahan Jogoboyo Kota Lubuklinggau dengan korban M Irwan Alfaqi. Modusnya yakni minta antar ke pasar satelit, lalu setiba di TKP mengangkat ban depan sepeda motor, lalu lelaku menyikut korban. Sehingga menyebabkan korban terjatuh.
Akibat kejadian tersebut korban kehilangan 1 unit sepeda motor Honda Beat hitam merah (profit belum ada plat).(af)

 621 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X